10 Tips Sukses Mengatur Keuangan Rumah Tangga

wp_user_avatar
Ditulis oleh Ade M.

Seorang istri mendapatkan tanggung jawab untuk mengelola keuangan dalam rumah tangga. Namun, tak sedikit ibu-ibu yang kesulitan melakukan hal tersebut, terutama di zaman harga-harga yang serba mahal. Nah, tips sukses mengatur keuangan rumah tangga ini bisa dicoba.

1. Buat daftar pemasukan dan pengeluaran

Mulai dengan melakukan evaluasi keuangan setiap hari, yakni dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Pencatatan ini pun harus dilakukan secara rinci, agar bisa didapatkan daftar pemasukan dan pengeluaran yang detail dan juga riil.

2. Tentukan tujuan keuangan

Selain untuk kebutuhan sehari-hari, setiap rumah tangga pun tentu juga memiliki tujuan keuangan yang lain. Misalnya, untuk membeli mobil atau rumah, atau untuk membiayai pendidikan anak. Dengan adanya tujuan ini, maka menabung pun akan makin semangat.

3. Menabung di awal gajian

Segera menyisihkan gaji untuk ditabung pada rekening khusus pada saat di awal gajian. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengontrol kebutuhan hingga satu bulan ke depan. Minimal uang yang ditabung bisa sebanyak 30 persen, atau bisa lebih banyak.

Image by viva.co.id

4. Siapkan alternatif pembiayaan

Jika punya rencana membeli mobil atau rumah, maka siapkan alternatif pembiayaan, terutama apabila tabungan yang sudah disiapkan tidak cukup untuk membayar penuh secara lunas. Tabung yang tersedia tersebut bisa digunakan untuk DP (down payment).

5. Gunakan untuk investasi

Membeli rumah atau properti lainnya memang termasuk investasi juga. Namun, selain itu, bisa pula berinvestasi dalam instrumen lain seperti reksadana atau saham. Lalu, ada pula pilihan investasi lainnya, yakni logam mulai seperti emas atau perhiasan lainnya.

6. Lakukan evaluasi keuangan tahunan

Evaluasi keuangan memang sudah dilakukan setiap hari. Namun, tidak ada salahnya juga melakukan evaluasi keuangan tahunan, untuk melihat tren pemasukan dan pengeluaran rumah tangga dalam setahun terakhir. Dengan begitu, bisa merencanakan tahun depan.

Image by okezone.com

7. Batasi penggunaan kartu kredit

Sebagian besar warga perkotaan besar pasti memiliki kartu kredit. Mulai dari sekarang, batasi penggunaan kartu kredit hanya untuk keperluan tertentu. Jika tetap terpaksa harus menggunakan kartu kredit, maka segera bayar sebelum limit waktunya datang.

8. Jangan lupa apresiasi diri

Sesekali tak ada salahnya mengapresiasi diri sendiri atas semua pekerjaan yang telah dijalani. Manjakan diri, misalnya dengan menonton, karaoke, atau makan bersama keluarga. Namun, jangan sampai kebablasan juga hingga menghabiskan banyak uang.

9. Sisihkan untuk berbagi dengan sesama

Berbagi dengan orang lain yang tidak mampu dan membutuhkan juga jangan dilupakan. Bisa dengan memberikan sedekah langsung kepada orang-orang yang tidak mampu itu, atau menyerahkan ke berbagai lembaga untuk didistribukan sesuai dengan kebutuhan.

10. Disiplin dalam mengelola keuangan

Hal yang paling penting dari semua tips ini tentu saja soal kedisiplinan dalam melakukan pengelolaan keuangan rumah tangga. Jangan ada satu pun dari tips ini yang dilewatkan, sehingga hasil akhir dari usaha mengatur keuangan rumah tangga akan bisa maksimal.