Cara Elegan Saat Ingin Resign dari Pekerjaan

wp_user_avatar
Ditulis oleh Ade M.

Tak banyak orang yang bisa bertahan untuk bekerja sepanjang karirnya di satu tempat atau di sebuah perusahaan. Setiap orang pasti juga ingin merasakan jenjang yang lebih tinggi, atau lingkungan pekerjaan baru yang jauh lebih nyaman. Salah satu solusinya adalah resign.

Dengan mengundurkan diri, maka akan banyak kesempatan lain yang muncul untuk dicoba. Namun, tentu sebaiknya Anda tetap meninggalkan kesan yang positif di tempar kerja lama setelah mengundurkan diri. Berikut ini cara elegan saat ingin resign dari sebuah pekerjaan.

Image by tribunnews.com

1. Bicarakan dengan atasan

Akan lebih baik jika Anda sudah membicarakan terlebih dahulu dengan atasan perihal rencana pengunduran diri tersebut. Pastikan pula bahwa atasan memang menjadi orang pertama yang mengetahui rencana itu. Hal ini harus dilakukan untuk menghormatinya.

2. Beri tenggat waktu yang cukup

Pengunduran diri yang Anda lakukan setidaknya akan sedikit mengubah ritme kerja di kantor. Oleh karena itu, sampaikanlah surat pengunduran diri dari jauh hari, setidaknya dengan tenggat waktu yang cukup, sehingga tak mengganggu proses pekerjaan yang lain.

3. Tetap bekerja dengan baik

Meski Anda sudah mengajukan pengunduran diri, namun tetaplah bekerja dengan baik hingga pengunduran diri diterima dan Anda resmi resign dari pekerjaan tersebut. Bahkan, akan sangat baik jika semua pekerjaan telah diselesaikan sebelum hari terakhir bekerja.

Image by job-like.com

4. Pamit kepada semua rekan kerja

Jangan pernah menimbulkan kesan Anda pergi secara tiba-tiba tanpa memberitahu siapa pun. Makanya, berpamitanlah dengan semua rekan kerja di kantor yang lama, sebelum Anda meninggalkannya. Jika Anda punya kesalahan, sampaikan juga permintaan maaf.

5. Kembalikan semua properti perusahaan

Ingat untuk mengembalikan semua properti milik perusahaan yang pernah dipinjamkan kepada Anda, seperti laptop atau barang-barang lainnya. Hal ini akan menyangkut nama baik Anda di kemudian hari, karena sering kali soal properti ini menimbulkan masalah.

6. Informasikan pula pada klien

Semua klien atau pihak lain di luar perusahaan yang pernah berhubungan dengan Anda tentu juga berhak tahu bahwa Anda sudah mengundurkan diri. Ini perlu dilakukan untuk menjaga hubungan baik, dan agar tidak mengganggu urusan mereka dengan perusahaan.

Image by life.idntimes.com

7. Jaga kehormatan mantan perusahaan

Meski pun mengundurkan diri karena merasa sudah tidak cocok dengan perusahaan atau atasan yang lama, jangan pernah membicarakan hal itu di luar kantor atau di tempat yang baru. Anda perlu menjaga kehormatan mereka, sekaligus menunjukkan kepribadian Anda.

8. Tetap ingat etika kerja

Anda juga perlu menjaga rahasia perusahaan atau klien dari kantor yang lama. Apalagi, jika sebelumnya Anda pernah menandatangi kontrak dengan kesepakatan tersebut. Jika Anda melanggarnya meskipun sudah mengundurkan diri, masalah bisa datang kapan saja.

9. Jaga kontak dengan atasan dan rekan kerja

Bukan tidak mungkin suatu saat Anda harus bekerja sama lagi dengan mantan atasan atau rekan kerja dari kantor yang lama. Bisa sebagai rekan kerja baru, atau mungkin jadi klien di kantor saat ini. Makanya, sangat perlu untuk menjaga kontak dengan mereka.