Cara Mengetahui Wadah Yang Aman Untuk Microwave

wp_user_avatar
Ditulis oleh Tania K.

Banyak mangkuk dan piring dianggap aman untuk Microwafe (Microwafe safe). Namun, jika Anda menggunakan piring salah, Anda bisa merusak baik peralatan makan dan makan malam Anda.

Microwave adalah peralatan yang mudah dan praktis untuk dipakai, namun tidak semua wadah makanan atau minuman itu aman digunakan di dalam Microwave. Selalu periksa apakah piring, kontainer ataupun wadah lainnya itu aman digunakan. Beberapa kontainer dapat rusak dan meleleh, dan juga berkemungkinan melepuhkan tangan Anda. Tidak hanya itu, ada juga kontainer yang dapat merusak Microwave Anda, seperti kontainer yang berlapis aluminium foil. Pada dasarnya, kontainer atau wadah makanan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau penghidang makanan, meski sekarang sudah banyak juga yang dibuat untuk dapat digunakan dalam Microwave.

Untuk mengetahui jika wadah Anda aman untuk Microwave:

1. Periksa piring

microwavesafe1

Putar balik piring tersebut sehingga bagian bawahnya menghadap Anda. Baca bagian belakang piring. Banyak piring dan wadah yang mempunyai label “Microwave Safe” atau “Tidak untuk penggunaan di Microwave”. Jika tidak ada atau tidak jelas, lanjutkan ke Langkah 2.

2. Menaikkan suhu panas

microwavesafe2

Set Microwave Anda ke “Power Level” settingan tertinggi. Metode merubah setting ini bervariasi berdasarkan produsen Microwave Anda, jadi kami sarankan untuk melihat kembali instruksi Microwave Anda. Kebanyakan Microwave memiliki tombol seperti: “Power”, “Power Level”, “Menu” atau “Settings”. Biasanya, settingan awal memang sudah berada di power level tertinggi.

3. Tambahkan air

microwavesafe3

Isi 1 gelas air ke dalam gelas atau mangkuk. Tempatkan gelas yang berisi air tersebut dan wadah yang ingin Anda uji ke dalam Microwave. Jika tidak muat dikarenakan wadah yang terlalu besar, Anda dapat menempatkan secangkir air di dalam atau di atas wadah tersebut. Namun jangan menuangkan air ke dalamnya.

4. Mengatur waktu

microwavesafe4

Setel waktu satu menit untuk memanaskan cangkir dan wadah Anda. Jika wadah menjadi hangat atau panas setelah waktu berakhir, berarti wadah tersebut tidak aman untuk Microwave. Jika wadah tidak panas dan cangkir airnya yang panas, berarti wadah Anda aman digunakan di Microwave.

Catatan: jika Anda menempatkan cangkir air di dalam atau di atas wadah, daerah sekitar cangkirnya mungkin akan menjadi hangat. Sisa daerah di wadah Anda harus dingin (atau tidak panas) jika wadah tersebut aman untuk Microwave.

Tips:

Setelah Anda mengetahui yang mana yang aman atau tidak untuk Microwave, tempelkan sepotong selotip atau tanda kecil dengan spidol permanen di bagian bawah piring atau wadah supaya mudah diingat.

Peralatan masak bahan keramik adalah aman untuk Microwave selama tidak memiliki hiasan emas atau perak. Cangkir yang terbuat dari gelas pun ada yang aman dan yang tidak aman untuk Microwave.

Jangan menggunakan kembali nampan makanan beku dan kontainer. Barang tersebut dibuat untuk satu kali penggunaan saja.

Hindari memanasi wadah makanan yang dingin dengan Microwave. Ini dapat berakibat melepaskan bahan kimia ke dalam makanan ketika terkena panas bersuhu tinggi.