Inilah Menu Latihan Olahraga Ala Militer Indonesia

wp_user_avatar
Ditulis oleh Ade M.

Para anggota militer terkenal memiliki fisik yang kuat dan kondisi yang prima setiap saat. Begitu pula dengan para Tentara Nasional Indonesia (TNI). Setiap hari mereka pun selalu menjalani latihan fisik yang keras dengan disiplin yang tinggi, sehingga mampu melahirkan kekuatan yang mumpuni, demi menjalankan tugas sebagai penjaga keamanan negara ini.

Namun, meski pun menu latihan olahraga yang mereka jalani terlihat sangat berat, ternyata ada juga beberapa yang bisa dicoba dan dipraktekkan dengan mudah di rumah. Apalagi, olahraga khas militer ini juga cukup sederhana, meski tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut ini adalah beberapa menu latihan olahraga ala militer Indonesia yang bisa dicoba.

1. Lari Cooper

Image by agakseru.wordpress.com

Salah satu olahraga paling sederhana adalah lari. Salah satu menu ini yang dikenal dalam militer adalah lari Cooper atau lari 12 menit. Namun ingat, jangan langsung dipaksakan selama 12 menit. Sebaiknya, awali dengan lari ringan, lalu dilanjutkan intensif, hingga lari jarak mencapai waktu 12 menit. Dengan berlari ini, maka akan dapat melatih kemampuan ketahanan dan pernafasan yang stabil. Jangan lupa, sebelumnya lakukan peregangan.

2. Shuttle Run

Image by kodim0702pbg.com

Latihan ini cukup sering dilakukan oleh anggota TNI, yakni shuttle run yang merupakan gerakan berlari di antara dua tonggak berjarak 10 meter membentuk angka delapan. Latihan lari yang satu ini akan membantu untuk menguatkan kaki dan melatih kesigapan. Jangan lupa juga, gunakanlah sepatu dengan grip yang kuat dan tidak licin saat melakukan latihan ini, agar kaki tidak tergelincir pada saat melakukan putaran mengelilingi tonggak.

3. Push-up

Image by tnial.mil.id

Melakukan gerakan olahraga ini dengan benar akan dapat membantu mengencangkan otot lengan, dada, dan perut, serta membakar kalori. Namun, saat melakukan push-up, sebaiknya jangan menggunakan alas. Letakkan saja tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu, sedang kaki bertumpu pada ujung jari- jari hingga tubuh lurus sempurna. Turunkan bahu hingga membentuk siku 90 derajat, lalu dorong kembali bahu ke atas.

4. Sit-up

Image by denpaldivisi2kostrad.blogspot.com

Jika push-up dalam posisi telungkup, maka latihan yang satu ini pada posisi telentang. Gerakannya sendiri hanya melipat kedua lutut pada saat posisi tidur, dan sebaiknya dilakukan dalam nafas yang teratur. Gerakan sit-up sebaiknya dilakukan dengan nafas yang teratur. Jika bisa melakukan sit up dengan benar, maka akan menguatkan otot perut dan menjauhkan dari osteoporosis. Namun, pastikan fokus pada pergerakan otot-otot.

Itulah empat menu latihan olahraga ala militer Indonesia yang bisa dicoba dan dilakukan di rumah. Namun ingat, pada saat menjalani semua gerakan-gerakan tersebut, pastikan tubuh memang fit dan bugar, agar nanti bisa meraih hasil maksimal seperti yang telah diinginkan.