Tips Menanam dan Merawat Tanaman Hias di Kebun Rumah

wp_user_avatar
Ditulis oleh Ade M.

Setiap orang punya hobi masing-masing untuk mengisi waktu senggang saat ada di rumah. Ada orang-orang yang sangat hobi dengan tanaman hias. Makanya, untuk hobi ini mereka biasanya rela menyediakan lahan kosong di sekitar rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman hias yang menarik. Biasanya para pehobi tanaman hias ini akan menyulap halaman depan rumahnya sebagai kebun kecil yang sederhana, selain juga bisa di belakang rumah.

Tanaman hias sendiri juga dapat memberi banyak manfaat, tidak hanya sekadar sebagai hobi semata. Berbagai tanaman hias yang dirawat dengan baik bisa bermanfaat untuk membuat rumah tampak jadi lebih indah asri dan memberi sensasi kesegaran setiap ingin melihatnya, selain tentu juga menyegarkan udara di dalam rumah dan di sekitar. Nah, berikut ini ada beberapa tips menanam dan merawat tanaman hias di kebun rumah yang bisa dilakukan.

Image by youtube.com

1. Pilih jenis tanaman

Seperti yang diketahui, tanaman hias memiliki banyak sekali jenis. Jika lahan kosong yang tersedia sangat terbatas, tentu tidak semua tanaman hias itu bisa dirawat. Selain itu, perawatan tanaman hias yang terlalu banyak juga sangat menguras waktu. Makanya, pilihlah jenis tanaman hias yang paling disuka dan bisa membuat halaman tampak indah.

2. Tentukan media tanam

Menentukan media tanam yang tepat juga sangat penting ketika akan mulai menanam tanaman hias. Pada umumnya, tanaman hias memang tak bisa ditanaman sembarangan, serta butuh perawatan yang telaten dan rutin. Jauh akan lebih baik menggunakan media tanam pot untuk menanam tanaman hias, dibanding harus menanam langsung di tanah.

3. Beri pupuk yang cukup

Pemberian pupuk yang cukup akan kesuburan tanaman hias. Pupuk yang digunakan juga harus diperhatikan, karena ada pupuk utama atau dasar dan pupuk tambahan. Pupuk utama merupakan jenis pupuk organik yang dicampur dengan tanah. Sedangkan pupuk tambahan bisa berupa pupuk kimia, namun harus tetap untuk memperhatikan kadarnya.

Image by kartunkawanimut.blogspot.com

4. Siram secara teratur

Hal yang jangan pernah dilupakan adalah menyiram tanaman hias secara teratur setiap pagi dan sore hari. Perawatan ini sangat penting, agar tanaman tidak layu, apalagi di saat musim panas. Selain itu, perhatikan juga agar menyiram tanaman dengan secukupnya. Jangan menyiram terlalu banyak, karena malah akan membuat tanaman jadi membusuk.

5. Bersihkan dari rumput liar

Sesekali, jangan lupa juga untuk membersihkan lingkungan di sekitar tanaman hias itu. Misalnya, cabut rumput-rumput liar yang mulai tumbuh dan buang ranting-ranting kering yang telah berjatuhan. Ada baiknya juga memotong bagian ranting yang tidak perlu, agar bisa membuat bentuk tanaman hias menjadi lebih menarik dan sedap dipandang mata.