Tips Menghemat Gaji Agar Bisa Ditabung

wp_user_avatar
Ditulis oleh Ade M.

Memiliki pekerjaan yang mapan di usia muda tentu saja menjadi impian banyak orang. Tapi, jika kamu terbiasa hidup boros dari sekarang, hasil kerja selama bertahun-tahun itu pun tak akan tersisa. Nah, berikut ini ada beberapa tips mudah menghemat gaji agar bisa ditabung.

1. Siapkan dua rekening tabungan berbeda

Salah satu rekening digunakan khusus untuk menyimpan tabungan jangka panjang. Pastikan rekening tabungan itu tidak memiliki kartu ATM, sehingga kamu tidak bisa mengambil uang dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa menabung dengan aman.

2. Langsung tabung setengah gaji saat gajian

Jangan pernah merasa sedang banyak uang ketika kamu gajian. Langsung saja sisihkan setengah gaji untuk disimpan di rekening khusus tabungan. Langkah ini pun akan dapat mengamankan uang kamu dengan segera, sebelum terpikir untuk membelanjakannya.

3. Buat daftar pengeluaran bulanan

Siapkan daftar pengeluaran kamu setiap bulan, dan jangan pernah menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak ada di dalam daftar. Selain itu, kamu juga bisa memberikan batas pengeluaran per minggu, sehingga bisa mengerem keinginan membeli sesuatu.

Image by infoperbankan.com

4. Biasakan untuk membawa uang tunai

Mulailah membiasakan diri untuk membawa uang tunai kemanapun, dan tinggalkan kartu ATM di rumah. Dengan begitu, kamu akan selalu berpikir dua kali untuk membeli hal-hal yang tak penting, sehingga bisa membuatmu kekurangan uang sebelum pulang.

5. Menahan nafsu makan membabi buta

Banyak orang tak bisa mengerem nafsu makan saat memegang banyak uang. Makanya, dari sekarang cobalah untuk menahan nafsu makan. Memakan makanan mengeyangkan saat di rumah, juga bisa membuat kamu akan terus merasa kenyang saat di luar rumah.

6. Bawa bekal makanan ke kantor

Untuk menghindari jajan pada jam istirahat kantor, kamu bisa membawa bekal makanan dari rumah. Tak usah malu membawanya ke kantor, karena banyak orang sukses yang membawa sendiri makanan dari rumah, meski alasannya karena tak sempat ke kantin.

7. Letakkan botol minuman di dalam tas

Membawa minuman dari rumah juga bisa membuatmu hidup lebih hemat setiap hari. Di saat kamu haus, baik dalam perjalanan maupun saat di kantor, kamu tinggal minum dari botol minuman yang telah disiapkan di tas. Apalagi, jika kantor tak menyediakan minum.

Image by linkedin.com

8. Jangan pernah menyepelakan uang receh

Uang receh sering dianggap tak penting. Bahkan, pastinya tak jarang kamu membiarkan kembalian uang receh setelah berbelanja di minimarket. Padahal, jika uang receh Rp 500 dikumpulkan setiap hari, maka jumlah hampir mencapai Rp 200.000 dalam satu tahun.

9. Manfaatkan wi-fi di tempat umum

Saat di tempat umum, manfaatkan internet gratis yang tersedia. Setidaknya cara ini bisa menghemat pengeluaranmu untuk membeli data internet. Selain itu, atur ponselmu agar tak mengunduh kiriman pada aplikasi chatting saat menggunakan data pribadi.

10. Biasakan berjalan kaki ke tempat terjangkau

Jika kamu ingin pergi ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh, tidak usah merasa capek untuk jalan kaki. Misalnya, saat keluar dari rumah menuju jalan raya. Selain bermanfaat untuk kesehatan, cara sederhana ini juga mampu menghemat gaji agar bisa ditabung.