Kiat Sederhana Menghadapi Stres Saat Terjebak Kemacetan

wp_user_avatar
Ditulis oleh Garink T.

Kemacetan sepertinya sudah menjadi sesuatu yang lumrah di banyak kota besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan ibukota negeri ini, Jakarta pun masuk dalam salah satu kota termacet di dunia. Di kota ini, terjebak dalam kemacetan pada setiap hari kerja bukan hal yang aneh lagi. Terutama pada jam-jam tertentu, seperti saat akan pergi dan pulang kerja, maka sepeda motor tumpah ruah dan mobil pun mengular di sejumlah jalan utama.

Terjebak dalam kemacetan pun menjadi hal yang membosankan, bahkan juga mengesalkan. Selain menghabiskan waktu yang terbuang sia-sia, kita juga bingung mau melakukan apalagi hingga macetnya terurai. Makanya, tidak sedikit warga ibukota yang merasa stres saat akan pergi dan pulang kerja, karena macetnya jalan raya terutama di jalan-jalan protokol. Nah, berikut ini ada beberapa kiat sederhana untuk menghadapi stres saat terjebak kemacetan.

1. Berangkat lebih awal

Image by otomotifnet.com

Sebenarnya, sebelum terjebak dalam kemacetan, Anda dapat melakukan ini untuk bisa menghindari macet. Berangkat lebih awal dari biasanya adalah cara yang sangat baik untuk bisa terhindar dari macet dan stres. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih santai saat berkendara, dan juga tak perlu terburu-buru lagi untuk segera sampai di tempat kerja.

2. Siapkan camilan di tas

Image by yonnakairupan.blogspot.com

Baik sedang mengendarai mobil atau menumpang kendaraan umum, jangan lupa untuk menyiapkan camilan di dalam tas. Ketika rasa bosan dalam perjalanan mulai menghantui, terutama saat terjebak dalam kemacetan yang dapat membuat emosi bisa cepat meluap, maka camilan tersebut bisa menjadi salah satu yang paling gampang untuk mengatasinya.

3. Dengarkan musik yang tenang

Image by nyoozee.com

Para pakar mengakui bahwa mendengarkan musik mampu memberikan pengaruh besar terhadap emosi seseorang. Oleh karena itu, dengarkan musik yang dapat menenangkan hati Anda saat terjebak dalam kemacetan. Musik jazz yang tenang bisa menjadi salah satu pilihan. Jika kamu naik kendaraan umum, juga dapat mendengarkannya lewat headset.

4. Lakukan gerakan ringan

Image by otosia.com

Terjebak dalam kemacetan akan membuat Anda terpaksa harus duduk dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, lakukanlah pergerakan atau stretching ringan pada bagian leher dan pinggang, agar tubuh tidak terasa kaku. Gerakan-gerakan yang ringan ini juga mampu membuat Anda bisa merasa lebih rileks lagi, sehingga emosi pun tidak gampang meledak.

5. Ajak seseorang berbicara

Image by trivia.id

Berbicara dengan orang lain juga diyakini dapat mengatasi rasa bosan. Oleh karena itu, saat terjebak dalam kemacetan, maka ajaklah seseorang untuk mengobrol apa saja; baik orang di sebelah Anda saat di kendaraan umum, atau menelepon keluarga dan teman saat di mobil pribadi. Emosi pun bisa lebih tenang, dan dapat pula mengusir rasa kantuk.